Headlines News :
Home » » Latihan Meditasi Jalan

Latihan Meditasi Jalan

Written By nAmmAsttE on Jumat, 04 Mei 2012 | 04.04

Latihan Meditasi Jalan

Meditasi bisa dilakukan dengan berbagai cara dan posisi, tidak hanya dalam posisi duduk bersila. Salah satunya adalah posisi Jalan. Dalam meditasi ini pun tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan, berikut adalah sedikit penjelasan bagaimana kita melakukan Meditasi dengan posisi jalan.
Berdiri dengan posisi nyaman, buka telapak kaki selebar pinggang anda dan saat mulai berlatih buatlah catatan batin "berdiri, berdiri, berdiri", coba rasakan sensasi berdiri tersebut, setelah itu baru anda mulai berjalan dan kembali buatlah catatan dalam batin anda "kanan, kiri", dan ini bisa dilakukan selama 10 menit.
Kemudian lanjutkan dengan 3 langkah yaitu angkat, dorong, turun, rasakan gerakan itu dan catat dalam batin anda "angkat, dorong, turun", lakukan selama 20 menit. Kemudian perlambat lagi dan lakukan 4 langkah yaitu angkat, dorong, turun, sentuh, dan lakukan selama 30 menit, jika pikiran muncul, berhenti berjalan dan lakukan pencatatan atas pikiran itu seperti "berpikir, berpikir, berpikir", dengan semangat sampai pikiran itu lenyap.
Kita melakukan pencatatan batin untuk alasan-alasan seperti : memusatkan pikiran pada gerakan yang terjadi, jadi mencatat bukanlah suatu latihan meditasi, tapi itu merupakan alat untuk memusatkan pikiran pada objek.
Latihan sebenarnya adalah merasakan gerakanyang terjadi, demikian juga terhadap proses berpikir, perasaan marah, proses melihat, mendengar, membaui, merasakan sentuhan, dan sebagainya. Jika proses yang bersangkutan dominan kita harus memusatkan perhatian kesana dan memberi catatan batin.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Random Post

 
Support : Creating Website | Tom Template | Tom Template
Copyright © 2011. NAMMASTTE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by TomTom Template
Proudly powered by Blogger